Kamis, 19 November 2020

Test Assesment Calon Kepala Sekolah

Selasa, 18 November 2020. Hari itu saya mendapat jadwal test asessment. Test Asessment ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam seleksi bakal calon kepala sekolah.

Pelaksanaan test calon kepala sekolah SMA/SMK dan SLB di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat kali ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Dalam pelaksanaan rekruitment bakal calon kepala sekolah kali ini, mulai dari pendaftaran, penyerahan berkas hingga test Asessment dilakukan secara daring.

Untuk pendaftaran dan pengiriman berkas para peserta melakukannya melalui aplikasi TRK.

TRK (Tunjangan Remunerasi Kinerja) adalah aplikasi untuk mengukur kinerja yang berujung kepada tunjangan PNS.

Dalam TRK ini, PNS harus mengisi laporan harian dalam aplikasi itu apa saja yang dikerjakan sesuai tugasnya, bagaimana capaiannya dan lain-lain.

Pendaftaran BCKS kali inipun melalui aplikasi ini. Tahap pendaftaran, kami para calon peserta menguploud semua berkas persyaratan. Tahap selanjutnya yaitu test Asessment. Dalam tes ini dilaksanakan via daring melalui zoom dan menjawab soal-soal tes yang ada di aplikasi TRK.

Pelaksanaan test berlangsung selama kurang lebih 9 jam. Diawali dengan pembukaan dan penjelasan petunjuk serta tata tertib selama test berlangsung.

Test Asessment ini terdiri dari dua soal yaitu soal analisis masalah dan critical acsident. Soal analisis masalah diuraikan dalam bentuk narasi yang terdiri dari kurang lebih 200 sampai 400 kata.

Sedangkan untuk soal yang kedua ada 7 pertanyaan. Semua pertanyaan harus dijawab dalam bentuk narasi yang terdiri dari 350 sampai 500 kata.

Sungguh suatu hal yang tidak mudah bagi saya yang masih pemula dalam hal menulis. Namun bersyukur meskipun belum begitu piawai dalam menguraikan kata-kata dalam sebuah tulisan, setidaknya saya sudah tergabung dalam grup-grup penulis yang terdiri dari para penulis-penulis hebat. Hal itulah yang membuat saya sedikit tidak terlalu stres mengerjakan soal-soal. Tentang hasilnya bagaimana? saya serahkan pada Allah SWT.

#Day12NovAISEIWritingChallenge




2 komentar:

  1. Semoga sukses ya Bu Aamiin. Setahun yang lalu saya masih tes biasa Bu blm daring.

    BalasHapus