Minggu, 29 November 2020

ANDAI AKU MENJADI SEORANG PEMIMPIN


        Pemimpin adalah seorang yang memimpin suatu kelompok seperti keluarga, komunitas masyarakat, suku, lembaga atau negara.(pelayananpublik.id). Sedangkan menurut Ahmad Rusli, pemimpin adalah individu yang diberi amanah untuk memimpin pengikutnya dalam mencapai ke arah tujuan yang ditetapkan. Sedangkan kepemimpinan atau leadership adalah suatu proses di mana  seorang individu mempunyai pengaruh terhadap orang lain, mengilhami, memberikan semangat, motivasi dan mengarahkan agar tujuan organisasi atau kelompok tercapai.


        Sebagai seorang guru anak berkebutuhan khusus, akupun memiliki mimpi menjadi kepala sekolah di sekolah bagi nak-anak berkebutuhan khusus ini. Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) adalah anak bangsa yang juga memiliki hak yang sama di segala bidang pada umumnya dan pendidikan pada khususnya. Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang secara pendidikian memerlukan layanan yang spesifik berbeda dengan anak –anak pada umumnya. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki hambatan belajar dan hambatan perkembangan. Oleh sebab itu mereka memerlukan layanan pendidikan yang sesuai dengan hambatan belajar dan hambatan perkembangan yang dialami oleh masing-masing anak. Menurut ahli (Heward) Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak dengan karakteristik yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan ketidak mampuan mental, emosi atau fisik.


Istilah lain bagi Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak luar biasa. Karena karakteristik dan hambatan yang dimiliki Anak Berkebutuhan Khusus memerlukan pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi anak tunanetra mereka memerlukan tulisan braile sebagai modifikasi teks bacaan. Dan anak tunarungu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat.Tujuan pendidikan bagi ABK adalah untuk mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki oleh individu sehingga mampu menampilkan eksistensi sebagai warga Negara yang mandiri.Secara umum anak yang berkebutuhan khusus meliputi dua kategori yaitu : Anak yang memiliki kebutuhan khusus bersifat permanen, yaitu akibat dari kelainan tertentu, dan Anak berkebutuhan khusus yang bersifat temporer, yaitu mereka yang mengalami hambatan belajar dan perkembangan yang disebabkan kondisi dan situasi lingkungan. 

 

        Dengan gambaran anak berkebutuhan khusus diatas, aku memiliki mimpi agar anak-anak berkebutuhan khusus juga memiliki kesempatan dan perlakuan yang sama dengan anak pada umumnya. Maka dari itu akupun bermimpi jika kelak menjadi kepala sekolah, ingin menciptakan sebuah sekolah bagi anak berkebutuhan khusus yang dapat menciptakan lulusan yang siap kerja dan mampu bersiang dengan anak normal.

       Namun melihat begitu banyaknya lulusan sekolah umum yang masih menganggur, tentu saja persaingan sangat ketat dan sulit. Dengan keterbatasan yang dimiliki para peserta didik berkebutuhan khusus ini, tentu saja mereka akan kalah bersaing dengan lulusan dari sekolah umum. Sebagai alternatif jalan keluar, maka akupun bermimpi disekolah dibuat sebuah usaha yang dapat menampung lulusan sekolah kami sendiri. Contohnya dengan membuka minimarket sekolah, salon sekolah, laundri sekolah , steam sekolah atau jenis usaha lainnya. Dimana nantinya semua para pekerja dari semua bidang uasaha sekolah itu adalah para lulusan sekolah yang tidak tertampung bekerja di luar

 

 

 

 

2 komentar:

  1. Semoga terwujud ya bu. Aamiin.
    Tp boleh saran gak? Template nya silau..lebih nyaman yg sebelumnya🙏

    BalasHapus