Senin, 09 November 2020

Mengubah Disability Menjadi Ability 2

Kisah Gadis Tunanetra Penari Saman.

M biasa aku memanggilnya, ia adalah teman sejawatku di sekolah, ia baru saja diangkat menjadi pegawai negeri sipil di lingkungan provinsi kami. Ia mengikuti tes CPNS melalu jalur umum pormasi untuk disabilitas.

M adalah seorang penyandang disabilitas netra total, namun banyak keahlian yang dimilikinya. Keahlian yang dimiliki M diantaranya, ia dapat berbicara dalam bahasa Inggris comversation, dapat mengoperasikan komputer aplikasi paket MS office seperti MS word, Excel, internet dan surat menyurat.

M tipe wanita yang senang belajar. Hambatan penglihatan tidak menjadikan M wanita yang cengeng dan lemah, tapi sebaliknya, ia merupakan wanita yang luar biasa kuat dan penuh semangat.
Keahlian M yang lain adalah, ia juga pandai menari. Tarian yang sering ditampilkan bersama rekan-rekannya adalah tari tradisional.
M dan teman-teman tunanetra tergabung dalam sanggar Pelita Monas yang  di prakarsai oleh Lions Club Jakarta Monas. Mereka disana belajar tari saman, tari indang dan lain-lain. Ada juga beauty clasnya dan paduan suara. Mereka yang mau masuk club tersebut diseleksi, yaitu mereka harus sudah mandiri. Karena disana tidak disediakan transportasi untuk latihan, jadi mereka juga harus sudah bisa mobilitas sendiri kemana-mana.
Mereka latihan setiap hari Minggu. Mereka sering dipanggil tampil di acara-acara stasiun televisi, diantaranya M dan rekan-rekannya pernah tampil di Indosiar dalam acara liga dangdut, di RTV acara Michael Tjandra Luar Biasa dan di Metro TV acara Kick Andy. Mereka juga sudah mendapat Rekor MURI sebagai penari yang penarinya semua tunanetra.

Bersambung...
#Day7NOPAISEIWritingChallenge

5 komentar:

  1. Luar biasa. Wanita yang luar biasa kuat dan penuh semangat.

    BalasHapus
  2. Subhanallah subhanallah...
    Salam hormat untuk M...
    Sehat selalu yaaa M

    BalasHapus
  3. M. Anak yg luarbiasa. Hebat dirimu pantas jd inspirasi

    BalasHapus