Dalam
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ada 6 Komponen yang dinilai yaitu:
1. Kepribadian Dan Sosial
2. Kepemimpinan Pembelajaran
3. Pengembangan Sekolah
4. Manajemen Sumber Daya
5. Kewirausahaan
6. Supervisi Pembelajaran
Kepribadian Dan sosial
Kriteri yang
harus ada dalam komponen kepribadian dan sosial ini diantaranya adalah:
1. 1. Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak
mulia bagi komunitas di sekolah. Untuk kriteria ini indikatornya
meliputi:
· Melaksanakan
ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
· Sikap dan
perilaku keteladanan bagi warga sekolah.
· Empati
terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.
· Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam sapa, sopan, santun.
· Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya.
1.2. Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas. Indikatonya meliputi:
· Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
· Mampu menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
· Mampu menerapkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
· Mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.
1.3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala
sekolah/madrasah. Indikatornya meliputi:
· Terbuka
menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.
· Melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah.
· Terbuka
dalam pengelolaan keuangan sekolah.
·Terbuka dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah.
1.4.Mengendalikan
diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah. Indikatornya meliputi:
· Mampu mengendalikan emosi: a) sabar,
b) tenang,
c) bijaksana,
d) berjiwa besar
· Mampu
menghadapi masalah
· Mampu
memecahkan masalah.
· Mampu mengelola tantangan baru
1.5.Berpartisipasi
dalam kegiatan social kemasyarakatan. Indikatornya meliputi:
· Berperan
aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan
(contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).
· Berperan
aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh:
gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).
· Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.
1.6.Tanggap
dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain. Indikatornya meliputi:
· Mampu
bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.
· Mampu
bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.
· Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain
1.7.Mengembangkan
dan mengelola hubungan sekolah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka
mendapatkan dukungan ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah. Indikatornya meliputi:
· Mampu
merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.
· Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintahs, wasta, Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), dan masyarakat
· Mampu
memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.
· Mampu
memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang
profesional,manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan
yang kondusif.
Bersambung ....
#Day2NovAISEIWritingChallenge
Ibu Kepsek in action, keren Bu.. .
BalasHapusHe he saya bukan kepsek Bu..
HapusCuma bantuin kepsek jadi MC...he he
Sukses sll bu kepsek.
BalasHapusHe he jadi, malu
HapusSaya bukan kepsek...Ibu.
Cuma bantuin kepsek he he.
Kepsek teladan benar.. ibu yang satu ini.
BalasHapusHe he, belom jadi kepsek Bu...
HapusSip Cakep (Calon Kepala Sekolah)
BalasHapusAamiin ..
HapusMksh Bu Rita...
Cakep (Calon Kepala Sekolah) ikutan tulisan Ibu Rita...
BalasHapusTerus berbagi ilmu ya Bu, tentang pengetahuan ini
Insya Allah Pa Indra...
Hapus