Kamis, 05 November 2020

Komponen-Komponen PKKS

 


Dalam Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ada 6 Komponen yang dinilai yaitu:

1.    Kepribadian Dan Sosial

2.    Kepemimpinan  Pembelajaran

3.    Pengembangan Sekolah

4.    Manajemen Sumber Daya

5.    Kewirausahaan

6.    Supervisi Pembelajaran

 

Kepribadian Dan sosial

Kriteri yang harus ada dalam komponen kepribadian dan sosial ini diantaranya adalah:

1. 1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah. Untuk kriteria ini indikatornya meliputi:

·  Melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.

·  Sikap dan perilaku keteladanan bagi warga sekolah.

·  Empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah.

· Kemampuan mengembangkan budaya senyum, salam sapa, sopan, santun.

· Pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya. 

1.2. Melaksanakan tupoksi sebagai kepala sekolah dengan penuh kejujuran,  ketulusan, komitmen, dan integritas. Indikatonya meliputi:

· Mampu menerapkan kejujuran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

· Mampu menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya

· Mampu menerapkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

· Mampu menerapkan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

         1.3. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah/madrasah. Indikatornya meliputi:

· Terbuka menerima pendapat, kritik dan saran dari pihak lain.

· Melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan program sekolah.

· Terbuka dalam pengelolaan keuangan sekolah.

·Terbuka dalam membangun sistem informasi manajemen sekolah.

         1.4.Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dan tantangan sebagai kepala sekolah/madrasah. Indikatornya meliputi:

· Mampu mengendalikan emosi: a) sabar,

      b) tenang, 

      c) bijaksana, 

      d) berjiwa besar

· Mampu menghadapi masalah

· Mampu memecahkan masalah.

· Mampu mengelola tantangan baru

         1.5.Berpartisipasi dalam kegiatan social kemasyarakatan. Indikatornya meliputi:

· Berperan aktif dalam pelaksanaan program pemerintah dibidang sosial kemasyarakatan (contoh: donor darah, bencana alam dan lainnya).

· Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah (contoh: gotong royong, kerja bakti kebersihan lingkungan).

· Berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berkaitan pelestarian lingkungan hidup.

         1.6.Tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain. Indikatornya meliputi:

· Mampu bersifat simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain.

· Mampu bersifat empati/sambung rasa terhadap orang lain.

· Peduli terhadap kepentingan orang atau kelompok lain

         1.7.Mengembangkan dan mengelola hubungan sekolah dengan pihak lain di luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan ide, sumber belajar,dan pembiayaan sekolah. Indikatornya meliputi:

· Mampu merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.

· Mampu melakukan pendekatan dalam rangka memperoleh dukungan dari lembaga pemerintahs, wasta, Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), dan masyarakat

· Mampu memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah dan masyarakat.

· Mampu memanfaatkan dukungan masyarakat untuk meningkatkan SDM kependidikan yang profesional,manajemen yang efektif dan profesional, dan lingkungan pendidikan yang kondusif.


Bersambung ....

#Day2NovAISEIWritingChallenge

 

10 komentar:

  1. Ibu Kepsek in action, keren Bu.. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he saya bukan kepsek Bu..
      Cuma bantuin kepsek jadi MC...he he

      Hapus
  2. Balasan
    1. He he jadi, malu
      Saya bukan kepsek...Ibu.
      Cuma bantuin kepsek he he.

      Hapus
  3. Kepsek teladan benar.. ibu yang satu ini.

    BalasHapus
  4. Sip Cakep (Calon Kepala Sekolah)

    BalasHapus
  5. Cakep (Calon Kepala Sekolah) ikutan tulisan Ibu Rita...
    Terus berbagi ilmu ya Bu, tentang pengetahuan ini

    BalasHapus