Sabtu, 31 Oktober 2020

Bimbingan Membuat Abstrak Untuk Artikel Jurnal Ilmiah


Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi tentang abstrak dalam penulisan artikel jurnal ilmiah. Hari ini melalui Zoom kami para guru mengikuti kegiatan bimbingan penulisan abstrak untuk jurnal ilmiah. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Workshop Pengembangan Diri yang di adakan oleh KKG gugus yang ada disekolah kami. Workshop ini merupakan salah satu agenda kegiatan kelompok kerja guru di gugus kami. 

Pada kesempatan ini kami mengundng  narasumber dari P4TK TK PLB. Beliau adalah Bapa Agus Irawan Sensus, M.Pd. Beliau widaswara dan juga sebagai penanggung jawab dalam penerbitan jurnal ilmiah di P4TK TK PLB. 

Adapaun outline dalam penulisan Artikel Jurnal Ilmiah adalah sebagai berikut:
 

·      JUDUL ARTIKEL

·      NAMA PENULIS DAN LEMBAGA

·      ABSTRAK

·      KATA KUNCI

·      PENDAHULUAN

·      KAJIAN TEORI

·      METODE PENELITIAN

·      PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

·      KESIMPULAN

·      DAFTAR PUSTAKA

 

 

CATATAN:

Jumlah keseluruhan artikel 16 – 20 halaman, 1,5 spasi, kecualia bstrak 1 spasi seper empat halaman.


Berikut Abstrak yang kubuat saat bimbingan hari ini, dan sudah direvisi oleh narasumber.


MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PETA CERITA 
PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VII  DI SLB NEGERI BEKASI JAYA KOTA BEKASI


Kartini. S.Pd / Guru SLB Negeri  Bekasi Jaya/081296637540

ABSTRAK
Ditemukan banyak masalah pada siswa baik akademik maupun sosial, sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Penelitian kolaboratif ini bertujuan supaya guru memiliki gambaran dalam memilih media pembelajaran, khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia  aspek membaca. Guru diharapkan dapat mengidentifikasi masalah yang timbul di kelas, dapat mengatasinya  sehinga mencapai tujuan yang diharapkan. Subyek pelaku pembelajaran adalah guru kelas VII, dan subyek penerima tindakan siswa tunarungu kelas VII semester I di SLB Negeri Bekasi Jaya . Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapanagan, dan reviuw. Data dianalisa secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini, dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia, pelaku tindakkan kelas dapat menggunakan peta cerita dalam pembelajaran membaca, menujukkan hasil yang siknifikan.

Kata kunci     : Kemampuan Membaca , Peta Cerita, Siswa Tunarungu

Demikianlah abstrak yang kubuat hari ini. Sabtu Depan Insya Allah kami akan masuk ke pembuatan pendahuluan dalam artikel jurnal ilmiah.

#Day22WritingChallenge 



6 komentar:

  1. Workshopnya keren bu. Semoga disekolah saya ada workshop seperti ini

    BalasHapus
  2. Seru Bu
    Terua menginspirasi Bu
    Sehat selalu...
    Sudah Lama saya mau cari artikel tentang pembuatan jurnal ilmiah, Alhamdulillah Ibu abithea menuliskannya

    BalasHapus