Senin, 22 Juni 2020


Tips Guru Tetap Optimis Dimasa New Normal
Oleh: Kartini,S.Pd


Menurut Wikipedia Kenormalan baru, atau dalam bahas Inggris New Normal adalah sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang yang merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan 2007-2008, resesi global 2008- 2012, dan pandemi Covid 19.

Sejak itu, istilah tersebut dipakai pada berbagai konteks lain untuk mengimplikasikan bahwa suatu hal yang sebelumnya dianggap tidak normal atau tidak lazim, kini menjadi umum dilakukan. New Normal dilakukan sebagai upaya kesiapan untuk beraktifitas di luar rumah seoptimal mungkin, sehingga dapat beradaptasi dalam menajalani perubahan perilaku yang baru. Perubahan pola hidup ini dibarengi dengan menjalani protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

Dengan diberlakukannya New Normal ini, maka semua kegiatan publik dibuka untuk umum, termasuk sekolah-sekolah yang berada di zona hijau. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan tahun ajaran baru 2020-2021 akan tetap dimulai pada bulan Juli. Dimulainya tahun ajaran baru bukan berarti kegiatan belajar mengajar siswa akan dilakukan tatap muka di dalam kelas. Oleh karena zona kuning masih mendominasi, maka sebagian besar KBM di Indonesia dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh ( Distance Learning).

Dengan keadaan yang demikian maka guru dituntut agar tetap optimis dalam melaksankan pembelajaran jarak jauh ini. Untuk itu kita sebagai guru harus tahu apa saja tips agar kita tetap optimis dalam menjalankan pembelajran jarak jauh di masa new normal ini.
Apa saja sih tips guru agar tetap optimis dimasa new normal? 

Yang dapat kita lakukan agar tetap optimis dimasa new normal diantaranya adalah:
1. Berusaha terus untuk belajar dan belajar untuk mengembangkan pembelajaran yang menarik bagi siwa dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan online yang kini sedang marak di medsos, 
khususnya pembelajaran yang berbasis digital yang selama ini masih awam bagi sebagian guru.

2. Selalu melakukan koordinasi dan kerjasama dengan orang tua dalam melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh. Sebab pembelajaran jarak jauh ini sangat membutuhkan peran serta orang  tua dalam pengawasan dan pendampingan dirumah serta pemenuhan dalam akses internet   tentunya.

3. Berusaha dan berdoa agar pandemi ini cepat berlalu, dan kita dapat kembali belajar disekolah  seperti biasa. Aamiin yarobbalalamiin...

Itulah tips dari saya untuk tetap optimis dimasa new normal dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. 

Bekasi, 22 Juni 2020


18 komentar:

  1. Mantaap Bu... Terima kasih tipsnya... Semangat terus ya...

    BalasHapus
  2. Tips yang menarik patut diterapkan 💞

    BalasHapus
  3. Wuiiiih bener nih bu, baguss tulisannya

    BalasHapus
  4. Bagus bu,tips yang menarik untuk diterapkan

    BalasHapus
  5. Keren tipsnya bund,,,terimakasih ilmunya

    BalasHapus
  6. semoga bisa segera normal kembali ya bu...
    tulisannya keren...

    BalasHapus
  7. Harus tetep optimis walau dalam jarak. Keren tipsnya bu

    BalasHapus