Selasa, 09 Juni 2020

Resume Hari Ke 4



Belajar Dengan Guru Inspiratif Dengan Segudang Prestasi
Oleh: Kartini,S.Pd
Guru SLBN Bekasi Jaya
Kota Bekasi



Belajar Menulis Gelombang 12
Hari/Tanggal  : Senin, 8 Juni 2020
Waktu             : pukul 19.00-21.00 WIB
Pemateri         : Emi Sudarwati
Tema               : Pengalaman Menerbitkan Buku




Kemarin, Senin, 08 Juni 2020 adalah hari keempat aku mengikuti kelas menulis online via WAG bersama Omjay, penerbit Andi dan PGRI. Materi hari keempat masih tentang " Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku". Pemateri kali inipun tidak kalah hebatnya dengan pemateri di hari-hari sebelumnya, beliau adalah Ibu Emi Sudarwati seorang guru peraih juara satu inobel dan penulis ratusan buku. Belajar kali inipun masih sama seperti pertemuan sebelumnya yaitu, dibagi dalam dua sesi, sesi pemaparan materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab.

Kelas dibuka oleh Omjay dan dilanjutkan oleh moderator, kemudian moderator mempersilakan Bu Emi untuk memulai kelas. Bu Emi mengawali kelas dengan memaparkan kisah-kisahnya yang sangat inspiratif dan luar biasa, bagaimana beliau menerbitkan buku-bukunya bersama para siswanya, bagaimana kisah beliau mengikuti berbagai lomba hingga beliau dapat memperoleh juara dalam ajang lomba bergengsi bagi guru, yaitu juara satu inobel, bagaimana proses penerbitan buku-bukunya yang dimulai dari tahun 2013 hingga tahun 2019 yang sudah menerbitkan 460 buku ber ISBN, sungguh pencapaian sangat luar biasa. dan beliau juga sebagi editor disalah satu penerbit didaerahnya. Semua kisah dan perjuangannya ia paparkan begitu apik dan menarik, membuat kami semakin terkagum dan salut dengan kepiawaiannya. 

Setelah Bu Emi memaparkan kisah-kisah inspiratifnya, Bu Patimah sebagai moderatorpun langsung membuka sesi tanya jawab, ada kurang lebih delapan belas pertanyaan dari para peserta malam itu, semua dijawab dengan jelas dan apik. Selesai tanya jawab Bu Emi memberikan kesimpulan belajar malam ini yaitu, menurutnya, Buku adalah bukti sejarah sebab dengan goresan pena seorang penulis menjadi sebuah catatan bahwa kita pernah hidup di dunia ini. Oleh karena itu, menerbitkan sebuah  buku akan menjadi sebuah bukti sejarah kita dan akan dikenang. Setiap karya akan menemukan takdirnya sendiri.

Demikianlah resume saya kali ini, terimakasih untuk para panitia dan bu Emi atas semua ilmu dan motivasinya, serta inspirasinya. Semoga kami dapat mengikuti jejak Ibu denga segala keterbatasan dan kekurangan kami.

11 komentar: