Kamis, 18 Juni 2020

Resume Hari ke 8





Tips Menulis Resume Ala Cikgu Tere
Oleh: Kartini, S.Pd
Guru SLBN Bekasi Jaya 
Kota Bekasi


Belajar Menulis Gelombang 12
Pertemuan ke 8          : Rabu, 17 Juni 2020
Waktu                         : 19.00 - 22.00 WIB
Pemateri                      : Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD

Malam ini kelas belajar menulis bersama OmJay, penerbit Andi dan PGRI sudah memasuki hari kedelapan. Seperti biasa kelas dibuka oleh Om Jay dan dipimpin oleh moderator Bu Fatimah. Pemateri malam ini adalah seorang guru muda yang cantik dengan segudang prestasi yang luar biasa. Siapapun yang telah membaca profil beliau pasti akan berdecak kagum dan bangga dengan kecemerlangan prestasinya, beliau adalah seorang guru dari daerah yang jauh dari ibu kota, yaitu NTT, Theresia Sri Rahayu, S.Pd.SD yang biasa dipanggil Cikgu Tere, beliau lahir di Kuningan, tanggal 13 September 1984. Usia yang terbilang masih muda, namun prestasinya sungguh luar biasa.

Malam ini Cikgu Tere akan memberikan materi tentang tips menulis resume, dalam kelas belajar menulis ini kami para peserta diwajibkan menulis resume setiap kali selesai mengikuti kelas. Tentu saja sebagai pendatang baru yang belum tahu apa-apa tentang resume, pasti akan merasa bingung dan susah untuk membuat sebuah resume sebuah kegiatan.

Malam ini Cikgu Tere membuka materi dengan memaparkan kisahnya yang baru mengikuti model pelatihan melalui WAG dan merasa bingung ketika harus membuat resume, walau  saat itu beliau sudah memiliki blog. Saat itu alamat blognya masih https://cikgutere.blogspot.com, blog itu sudah lama dibuatnya, namun ia sendiri lupa persisnya, dan beliau baru mulai mengisinya  sekitar bulan Oktober setelah  termotivasi oleh seorang teman yg juga merupakan seorang blogger. 

Lalu ia mencoba mencari informasi tentang resume. Cara membuatnya serta tips dan trik mudah membuat resume. Bahkan Om Jay sempat memberikan referensi cara membuat resume dari salah satu peserta pelatihan menulis gelombang sebelumnya.

Ketika awal menulis resume, beliau coba mengimitasi gaya menulis resume dari beberapa orang, namun ia  merasa kaku dan ide - ide tidak bisa mengalir dengan lancar. 

Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay untuk melakukan blog walking, ia pun mulai menemukan style sendiri dalam menulis resume. Dari situlah akhirnya ia merasa lebih percaya diri saat menulis resume. 

Hal yg menjadi kebanggaan baginya sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang di buat dan di postingnya di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu, ia pun tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blognya, sehingga ia bisa terus memantau trafik pengunjung blognya, bahkan melihat banyaknya viewer yang membaca tulisannya.
Contoh artikel yang dibuatnya dan dilihat oleh ribuan pembaca dapat dilihat pada
https://www.cikgutere.com/2020/04/download-gratis-materi-belajar-di-rumah.html?m=1
Sepanjang mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay, ia punya pengalaman yang unik dan menarik. Salah satunya  saat, salah satu narasumber dikelas menulis yang diikutinya, yaitu Ibu Lilis Sutikno, guru PPKn di salah satu SMA di Kab. Kupang NTT, memberikan tantangan kepada para peserta untuk lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat, maka akan mendapatkan hadiah dari Bu Lilis. Saat itu kondisi di daerah Cikgu Tere sedang mati lampu. Sehingga ia harus berjuang untuk bisa terus menulis resume sampai selesai. Dan akhirnya resume selesai Pkl 01.00 Wita. Dan ia pun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya , Cikgu dikontak oleh Bu Lilis dan menyatakan bahwa Cikgu Tere termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari Bu Lilis. 
Disisni Cikgu Tere  membuktikan bahwa ia bisa menulis resume dengan cepat.

Setelah pengalaman itu, akhirnya motivasi Cikgu dalam menulis pun bertambah dengan motivasi untuk berprestasi. Memang banyak motivasi untuk menulis, tapi baginya, motivasi menulis ada dua yaitu untuk berbagi atau sharing dan untuk berprestasi. 

Dari beberapa resume yang  dibuatnya, ada yang mendapat hadiah atau penghargaan yaitu : 
1. Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis- berani.html?m=1


3. Tulisan terbaik dan inspiratif : https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-
     dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1

Dan terakhir, ia mendapat penghargaan sebagai blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta. 

Menurutnya benar apa yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". Cikgu Tere adalah orang yang sudah merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dengan menulis resume. Keajaiban itu datang ketika ia dan peserta yang lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, Prof. Richardus  menantang para peserta untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Dan Cikgu Tere termasuk satu dari sekitar 21 peserta yg menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari Prof. Richardus dan  juga penguatan dari Om Jay, buku karya Cikgu tere yang berkolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yang merupakan salah satu penerbit mayor.

 



Sungguh pencapaian yg luar biasa, dan dengan keberhasilannya itu banyak guru - guru yang menghubunginya secara japri melalui WA dan messenger untuk meminta tips atau saran dalam menulis. 

Sebagai seorang yang ramah dan rendah hati beliaupun dengan senang hati  berbagi dengan guru lain. Seperti halnya pada malam hari ini ia  berbagi  tips menulis resume kepada kami.

Adapun Tips Menulis Resume Ala Cikgu Tere yaitu:

1.    Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin  banyak uraian yg terlewat. 

2. Menulis resume sesuai dengan gaya menulis kita sendiri. Just be your self. 

3. Tangkap point penting materi dari narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat) 

4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya ia menghubungkan dengan kehidupannya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka ia awali dengan pengantar bahwa sejak kecil ia suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat ia bisa menulis buku dan bukunya dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"

5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan. 

6. Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan karena sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sudah menulis resume dengan sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan        effort yg lebih dari orang lain atau blogger yang lain. 

- Menentukan judul resume yg wow di :
- Mencari referensi terkait topik 
- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi
- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume
   kita. 
-Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7. Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan mnjdi lebih baik daripada  peresume yang lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yang memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text. 

9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.

Menurut Cikgu Tere, tulisan yang baik adalah tulisan yang ditulis. Bukan hanya ada di pikiran kita semata. Dan sebaik - baiknya tulisan yang ditulis, kita niatkan secara ikhlas untuk kita bagikan. Apresiasi merupakan motivasi untuk menulis. Tetapi bukan menjadi tolak ukur kepuasan yang harus dikejar. Kepuasan sesungguhnya bagi penulis adalah ketika kita bisa menulis. 

Demikianlah resume saya malam ini tentang tips menulis resume ala Cikgu Tere, semoga bermanfaat, salam literasi

Bekasi, 18 Juni 2020


22 komentar:

  1. Menukis resume yg baik harus dimulai dari skg agar terbiasa menulis dgn sangat baik.

    BalasHapus
  2. hebat tulisannya..dikoment om.jay lagi..🤗

    BalasHapus
  3. sejuk dan indah blognya ditambah tulisanya yang memesona. Salam literasi

    BalasHapus
  4. Wah keren ibu, lengkap resumenya🥰👍

    BalasHapus
  5. Hebat... Menulislah setiap hari dan buktikan keajaibannya ( Om Jay)

    BalasHapus
  6. Hebat... Menulislah setiap hari dan buktikan keajaibannya ( Om Jay)

    BalasHapus
  7. Hebat... Menulislah setiap hari dan buktikan keajaibannya ( Om Jay)

    BalasHapus
  8. Tulisan yang baik tulisan yang ditulis bukan yang hanya ada dipikiran ... benar-benar

    BalasHapus
  9. Mantab lanjut menulis tiada henti. Mampir ke blog cakinin.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Keren, bagus dan lengkap bun resumenya. 👍

    BalasHapus