Senin, 01 Juni 2020

Resume pelatihan menulis


Resume Pelatihan Menulis Bersama Om Jay Dan Kawan-kawan



Profil Omjay 
Omjaya nama  aslinya adalah Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1970. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyelesaikan pendidikan S2 pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana UNJ (2007-2010) dan akan melanjutkan pendidikan ke S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ.
Trainer, Teacher, Blogger, Fotografer, Motivator, Pembicara Seminar, Workshop PTK, dan Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar dan Workshop sebagai Pembicara di tingkat Nasional. Bersedia membantu para guru dalam bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI) online. Berbagai Karya Tulisnya selalu masuk final di tingkat Nasional dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat di blog http://wijayalabs.multiply.com/photos atau http://wijayalabs.com Hub via SMS:0815 915 5515.

Berawal dari informasi digrup penulis, ketua kami menshare player tentang pelatihan belajar menulis, yang diselenggarakan PGRI dan penerbit ANDI, bersama Omjay dan kawawn-kawan.
Sebenarnya saya pernah mengikuti pelatihan menulis buku secara ofline dan daring dan sudah menerbitkan sebuah buku tunggal dan beberapa buku antalogi, namun saya masih belum percaya diri dengan apa yang sudah saya tulis, karena masih banyak keterbatasan dan kekurangan yang ada pada diri saya. Untuk itulah saya masih haus akan ilmu kepenulisan, maka ada kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Meskpun agak terlambat, dimana saya baru mendaftar pada hari Senin, 1 Juni 2020 dan itupun sudah malam. 

Alhamdulilah ternyata saya belum tertinggal jauh, masih bisa mengikuti kuliah malam itu. Dan benar saja disini banyak ilmu dan manfaat yang sebelumnya tidak saya dapatkan dipelatihan menulis sebelumnya, terutama cara membuat blog. Berkat informasi yang diberikan Ibu Fatimah Aceh, sayapun mengikuti langkah-langkah membuat blog. Dan inilah tulisan pertama saya yaitu tentang resume kuliah belajar menulis bersama Omjay dan kawan-kawan.
Karena saya sudah agak terlambat masuk grup whatshap, jadi hanya ini yang dapat saya sampaikan dari apa yang telah Omjay paparkan.

Dalam kuliah Omjay menjawab semua pertanyaan rekan-rekan digrup satu-persatu, walau pertanyaan saya belum dijawab he he, mungkin tertutup dengan pertanyaan rekan-rekan, karena begitu banyak pertanyaan yang masuk. Intinya di sini Omjay begitu gamblang dan jelas menjawab setiap pertanyaan yang diajukan para peserta yang dimoderatori oleh Ibu Fatimah Aceh ( salut untuk Omjay dan Ibu Fatimah serta rekan-rekan)

Resume yang dapat saya paparkan dalam belajar menulis kali ini adalah
Sepuluh  tip  Omjay agar sukses menulis buku
  1. Berbagilah karena berbagi itu tidak pernah rugi. Berbagi ilmu di blog itulah yang hampir 11 tahun omjay lakukan
  2. Kesuksesan itu butuh proses. Ibarat bertani, kita akan menghasilkan padi yang bagus kalau prosesenya bagus. Iimu padi itu kian berisi kian merunduk
  3. Mulailah menulis dari yang disukai dan berusaha sekuat tenaga untuk fokus
  4. Bila mengirim tulisan ke penerbit ikuti aturan penerbit yang dituju
  5. Jadikanlah menulis itu sebuah kebutuhan, bagaikan kegiatan makan dalam sehari-hari
  6. Berlatihlah menulis 3 paragraph dengan rajin
  7. Perbanyak membaca buku best seller orang lain
  8. Bergabunglah dengan kelas menulis adalah salah satu cara untuk mempercepat membuat buku.
  9. Banyaklah membaca. Awas rabun membaca lumpuh menulis
  10. Tulis apa adanya sesuai yang dialami.

Dan kesimpulan materi yang di sampaikan Omjay malam ini adalah menulis dan meberbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orang lain yangg baik hati seperti editor yg menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Diminta atau tdk diminta. Blog harus kita isi dengan tulisan yg menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

1 komentar: