Minggu, 16 Agustus 2020

HUT RI Ke-75

HUT RI Di Masa Pandemi
Oleh: Kartini
Hari ini  Senin, 17 Agustus 2020 tujuh puluh lima tahun yang silam, pemimpin bangsa kita Bung Karno dan M.Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan bangsa kita.

Usia 75 tahun adalah usia yang dapat dikatakan matang dan bahkan memasuki usia senja jika dilihat dalam usia manusia.

Negara kita kini telah menginjak usia yang ke-75 tahun. Di setiap hari ulang tahunnya biasanya dirayakan oleh hampir seluruh rakyat Indonesia dari berbagai lapisan. Mulai dari kampung-kampung, perkotaan hingga sekolah- sekolah mengadakan berbagai perlombaan untuk memeriahkan hari ulang tahun negara kita.

Namun tahun ini semua terasa sangat berbeda, tidak ada kerumunan untuk perayaan hari bersejarah ini, bahkan upacara bendera yang setiap tahun dilaksanakan oleh hampir seluruh lembaga pemerintahan, khususnya sekolah-sekolah dan organisasi kemasyarakatan, yang biasanya berkumpul di lapangan, selepas upacara mengadakan berbagai acara lomba dan karnaval yang menunjukan keceriaan dan kemeriahan perayaan hari kemerdekaan, kini hanya kesunyian yang tampak, semua kegiatan dan kemeriahan itu tak tampak terlihat ditahun ini.

Jalan-jalan sepi, lapangan yang biasanya penuh sorak sorai anak-anak dan ibu-ibu yang mengikuti lomba, kini lengang.

Semua karena kehadiran sang virus yang sudah meresahkan dan mengubah tatanan kehidupan masyarat hampir diseluruh dunia termasuk negara kita tercinta Indonesia.

Sehingga perayaan hari kemerdekaan ke-75 kali ini memang sangat berbeda, untuk pertama kalinya upacara detik-detik Kemerdekaan RI yang biasanya digelar secara fisik di Istana Merdeka kini dilakukan secara virtual.

Begitu juga dengan kami para ASN dilingkungan provinsi Jawa Barat, di instruksikan untuk mengikuti upacara melalui siaran televisi, dengan tetap melakukan presensi kehadiran dengan foto Selfi menggunakan seragam korpri lengkap dari rumah, melalui aplikasi k-mob.

Hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19 serta mendukung protokol kesehatan tetap menjaga jarak alias social distancing.

Betul apa yang dikatakan para mantan pejabat yang disiarkan trans TV bahwa Setiap masa memiliki masa perjuangan yang berbeda2, tahun 45 bangsa kita berjuang melawan penjajahan, tahun berikutnya berjuang membangun bangsa, dan kini kita berjuang melawan pandemi.

Untuk itulah kita harus terus bersatu dan terus mengikuti protokol kesehatan, agar perjuangan kita meraih kemenangan dan pandemi ini cepat berlalu dan kita merdeka dari pandemi ini.
Aamiin yarobbalalamiin...

Selamat HUT RI ke-75
Bekasi, 17 Agustus 2020

6 komentar: