Rabu, 22 Juli 2020

Naik Pangkat

Kisah Sembilan Pejuang Berkas
Oleh: Kartini

Kenaikan pangkat bagi pegawai negeri khususnya guru adalah sebuah hal yang sungguh merepotkan dan membutuhkan banyak persyaratan yang bisa dianggap tidak mudah dan butuh waktu dan tenaga yang lumayan menguras andrenalin😃

Mengapa dikatakan tidak mudah?
Sebab dalam proses kenaikan pangkat golongan untuk pegawai negeri khususnya guru, harus memenuhi angka kredit yang telah dipersyaratkan.

Misalnya untuk golongan 3c yang ingin naik ke golongan 3d, angka kredit yang dibutuhkan adalah 300 dan untuk memenuhi nilai angka kredit ini, prasyaratnya adalah  seorang guru sudah melaksanakan kegiatan unsur utama dan unsur penunjang.

Unsur utama yaitu berupa kegiatan belajar mengajar dan administrasinya yang telah dilaksanakan guru tersebut selama kurun waktu maksimal 5 tahun. Untuk unsur utama ini, tentu saja bagi setiap guru yang sudah aktif mengajar, tentu sudah terpenuhi. Namun selain unsur utama, untuk kenaikan pangkat ini, seorang guru juga harus memenuhi unsur penunjang.

Dalam unsur penunjang ini seorang guru harus memiliki nilai pengembangan diri sebanyak 3 poin dan nilai publikasi ilmiah sebanya 6 point', untuk golongan 3c ke 3d. 
Untuk nilai unsur utama dan unsur penunjang berbeda untuk setiap golongan dan untuk persyatan ini bisa dilihat dalam buku 4 yang menjelaskan tentang kenaikan pangkat untuk guru.

Dalam pengembangan diri seorang guru yang memiliki golongan 3c yang ingin naik ke 3d harus sudah mengikuti minimal 3 kali kegiatan diklat fungsional yang memiliki sertifikat berjumlah jam minimal 32 jam.

Sedangkan untuk publikasi ilmiah yang dipersyaratkan untuk golongan 3c ke 3d adalah berupa karya tulis, baik penelitian tindakan kelas, makalah ilmiah, buku ataupun buku pedoman guru. 

Untuk penelitian tindakan kelas memiliki nilai 4 point, sementara untuk makalah memiliki nilai 2 point, sedangkan untuk karya buku ini berbeda nilainya ada yang 4 ada yang 3, tergantung jenis bukunya.

Diatas telah saya katakan bahwa kenaikan pangkat bagi Pegawai negeri khususnya guru, sebuah hal yang tidak mudah, sebab untuk mempersiapkan berkas yang harus dilampirkan dalam penilaian cukup menguras tenaga dan waktu, bahkan ada yang begadang sampe jam 12 malam😃

Diawal bulan Juli ini, beberapa teman termasuk saya disibukan dengan kegiatan kenaikan pangkat tersebut, namun ada beberapa teman yang tidak mengajukan dengan alasan belum mempunyai persyaratan yang cukup, ada yang belum memiliki PTK, ataupun publikasi ilmiah dan pengembangan diri lainnya.

Proses  kenaikan pangkat ini diawali dengan pengisian opak.

Opak ( Online penilaian angka kredit ) adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh dinas pendidikan Jawa barat untuk mengajukan kenaikan pangkat secara mandiri.

Jadi dalam hal ini, guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat harus menginput sendiri nilai pak terakhirnya, berikut unsur utama dan unsur penunjang yang sudah dimilikinya. Setelah di input disitu akan terlihat nilai yang diperoleh guru yang bersangkutan, apakah nilainya telah mencukupi atau masih kurang. Jika telah mencukupi, maka guru tersebut tinggal melengkapi berkas- berkasnya, namun jika masih kurang tentu saja guru tersebut harus memenuhi kekurangannya tersebut.

Setelah selasai menginput opak dan melengkapi berkas, tahap selanjutnya kami mengirimkan berkas ke kantor cabang dinas untuk di verifikasi, jika berkas lolos verifikasi di kantor cabang dinas, tahap selanjutnya berkas tersebut dibawa ke kantor dinas pendidikan di Bandung untuk dinilai oleh tim penilai.

Dalam penilaian ini antara apa yang kita input di opak dengan berkas yang kita lampirkan harus sesuai. 

Untuk mengetahui apakah pengajuan kenaikan pangkat kita diterima atau ditolak, kita dapat membuka kembali aplikasi opak tersebut.

Dan akhirnya Alhamdulilah pengajuan kenaikan pangkat dari sembilan pejuang berkas ini, empat diantaranya diterima.

Dan siang ini kamipun langsung meluncur ke Kantor Cabang Dinas Wilayah untuk mengambil PAK kami.

Itulah sekelumit kisah kami dalam proses kenaikan pangkat kali ini, selamat untuk teman yang berhasil lolos, dan untuk teman yang belum lolos, Insya Allah maju lagi di bulan Oktober dan lolos ya, Aamiin yarobbalalamiin...
Tetap semangat dan yakin pasti bisa💪😍

10 komentar:

  1. Muntab deh bu Kar. Semangat membara ya.
    Smg berkah utk ilmu dan SK nya.Aamiin

    BalasHapus
  2. semangat terus dan berjuanglah wahai pahlawan tanpa tanda jasa......Anda adalah garda terdepan di dunia pendidikan!

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, akhirnya perjuangan membuahkan hasil, terus lah berkarya hingga pada akhirnya bisa menerbitkan buku Terimakasih

    BalasHapus
  4. Semangat...Semangat...Semangat...

    BalasHapus
  5. Salam sukses selalu, tinggal nunggu SK, selamat ya Bund👍

    BalasHapus
  6. Bahagianya ya lolos naik pangkat....sy 9 tahun ngadat 😭😭😭

    BalasHapus