Kamis, 24 September 2020

DESIMINASI E_TRAINING

E_TRAINING PENDIDIKAN KEPARIWISATAAN BERORIENTASI AKSI UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN


Sejak tanggal 7 sampai 18 Septembar 2020 beberapa hari yang lalu, sekolah kami diundang untuk mengikuti kegiatan E_ Training Pendidikan Kepariwisataan Berorientasi Aksi Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BBPPMPV Bisnis dan pariwisata bekerjasama dengan UNESCO.Yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari 150 orang guru SMK dan SLB dari beberapa bidang keahlian.Diantaranya yaitu: Guru Tata Kecantikan, Tata Boga, Usaha Perhotelan dan Pariwisata, akomodasi Perhotelan dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Dan kami merupakan sekolah SLB satu-satunya yang mengikuti kegiatan ini, sedangkan yang lain dari SMK.

Kegiatan dimulai pada hari senin, 7 september 2020 dilaksanakan pembukaan secara daring melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh seluruh peserta, panitia, nara sumber, kepala BBPPMPV Bispar dan ketua organisasi UNESCO. Selesai pembukaan dilanjutkan dengan materi pembelajran mandiri secara online melalui akun yang telah di sediakan panitia dengan LMS.

Pada kegiatan ini kursus yang kami ikuti yaitu Penerapan Konsep ESD Melalui Pembelajaran Pada Bidang Kecantikan. Selama kurang lebih sepuluh hari kami belajar secara daring, baik melalui aplikasi akun maupun web conference setiap harinya.

Mengikuti kegiatan diklat secara daring seperti ini adalah pertama kali bagi kami. Dalam kegiatan ini kami diberi akun untuk mengakses materi dan tugas-tugas secara kegiatan web converence. Caranya yaitu pertama kami harus login pada link yang telah diberikan panitia, dengan masuk menggunakan Username dan password. Setelah masuk, kemudian kami klik kelas online untuk masuk kekelas online, setelah masuk kita klik diklat yang sesuai dengan jurusan yang kita ambil.

Setelah sepuluh hari berlalu dan acara pelepasan selesai, ternyata kegiatan ini belum selesai, kami masih memilili tugas diseminasi dan implementasi hingga bulan Novembar. Alhamdulilah pada hari Rabu, 23 September kemarin, kami telah melaksanakan tugas desiminasi secara virtual melalui aplikasi zoom yang dihadiri dan sekalugus dibuka oleh Bapa kepala sekolah.

Dalam desiminasi ini kami hanya menyampaikan gambaran secara umun tentang ESD dalam pembelajaran dimasa pandemi. Yang bertugas dalam desiminasi terdiri dari tiga orang yaitu Ibu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, saya sebagai koordinator tata kecantikan dan Bu Diah sebagai guru tata kecantikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar