Jumat, 25 Desember 2020

Apapun Masalahnya Komunikasi Solusinya.


Masalah adalah sebuah konflik yang terjadi baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain. Masalah dalam diri sendiri biasanya timbul karena hal- hal yang terjadi akibat dari sebuah keinginan atau harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Sehingga menimbulkan sebuah gejolak dalam diri yang mengakibatkan timbulnya masalah- masalah dalam jiwa seseorang. Kecewa,sedih, marah atau bahkan stres yang berkepanjangan.

 

Sedangkan masalah dengan orang lain biasanya terjadi akibat adanya perselisihan, perbedaan pendapat atau mis komunikasi baik antar teman sepermainan, rekan kerja, pasangan atau antar anak dengan orang tua.

 

Masalah bisa terjadi akibat adanya gesekan-gesekan dalam kehidupan sosial yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dalam kehidupan sosial bermasyarakat, setiap orang pasti akan menghadapi masalah dalam hidupnya. Baik masalah yang bersumber dari dalam diri sendiri, maupun masalah yang terjadi dengan orang lain.

 

Masalah yang terjadi baik masalah dalam diri sendiri maupun masalah yang terjadi dengan orang lain, harus segera diatasi. Cara yang paling tepat dalam mengatasi setiap masalah adalah dengan komunikasi.

Sebagai contoh pasangan suami istri yang jarang berkomunikasi biasanya lebih banyak masalah dalam rumah tangganya dibandingkan dengan pasangan yang selalu terbuka dan saling berkomunikasi dalam segala hal.

 

Komunikasi adalah "suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. (Wikipedia)

 

Dengan komunikasi yang baik insya Allah semua masalah bisa diatasi. Adapun tahapan berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah dengan orang lain, yaitu adanya kesadaran dari kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah. Bila hanya satu pihak saja yang ingin menyelesaikan masalah, biasanya komunikasi hanya menjadi searah dan tidak efektif. Komunikasikan masalah yang ada sehingga masalah dapat segera diselesaikan.

 

Sedangkan untuk masalah yang timbul dalam diri, kita dapat melakukan komunikasi dengan orang-orang terdekat yang dapat dipercaya. Dengan mengungkapkan semua masalah yang ada dalam diri kita, setidaknya akan mengurangi beban dalam hati. Disamping tentunya mungkin ada solusi dari orang yang kita percaya. Kalaupun belum ada solusi, minimal kita dapat mengurangi beban yang kita hadapi karena sudah kita ungkapkan dengan orang lain.

Jadi apapun masalahnya jika kita komunikasikan dengan baik dengan orang-orang terkait, Insya Allah akan selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar