Kamis, 17 Oktober 2024

     Profil SLB Negeri Bekasi Jaya




Sekolah Luar Biasa Negeri  (SLBN) Bekasi Jaya adalah sekolah yang melayani peserta  didik dengan hambatan pendengaran (tunarungu) ,hambatan kecerdasan (tunagrahita) dan hambatan penglihatan (tunanetra) yang berada dalam pengelolaan satu atap yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah. Dalam menjalankan tugasnya, kepala sekolah dibantu wakil-wakil kepala sekolah.

Jumlah  peserta didik di jenjang SDLB sebanyak 102  orang, dengan rincian hambatan pendengaran 44 orang, hambatan kecerdasan 54 orang dan hambatan penglihatan 4 orang. Jumlah pendidik sebanyak 42 orang memiliki latar belakang Pendidikan Sarjana Pendidikan Khusus dan 2 orang guru bidang studi. Sedangkan  jumlah tenaga kependidikan sebanyak 9 orang, yang meliputi 1 orang bagian operator, 1 orang administrasi, 4 orang  pelaksana TU, dengan latar belakang Pendidikan S2, S1, dan SMA.

SLB Negeri Bekasi Jaya terletak di dalam perumahan Bekasi Jaya Indah Jalan Mahoni Raya No.1. Letak tersebut memungkinkan sekolah dapat dikenal oleh masyarakat dan memiliki nilai promosi yang baik karena sekolah negeri dan banyak peminatnya. Sekolah juga terletak di daerah yang mayoritas penduduknya memahami dan mengutamakan pendidikan. Letak sekolah terbilang strategis dekat ke jalan raya, sekitar sekolah terdapat SD Negeri, SMP Negeri, SMA Negeri dan SMK Negeri. Lingkungan sekolah berada dekat dengan pusat keramaian, sarana kesehatan, olahraga dan   keagamaan sehingga menjadi salah satu kekuatan pendukung dalam proses pembelajaran.

Latar belakang peserta didik berada pada tingkat ekonomi menengah ke bawah, namun demikian sekolah berusaha untuk meningkatkan sarana prasarana yang  cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler dengan menggunakan anggaran BOS dan BOPD.

Secara sosial budaya, peserta didik memiliki latar belakang orang  tua yang berbeda budaya karena perbedaan  suku bangsa. Selain itu minat, bakat, dan karakteristik peserta didik juga sangat beragam. Berdasarkan perbedaan latar belakang tersebut maka memperkuat alasan Profil Pelajar Pancasila harus diimplemetasikan secara utuh di  SLB Negeri Bekasi Jaya.

Tujuan akhir capaian pembelajaran yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila secara umum adalah untuk membentuk karakter peserta didik dalam menumbuhkan iman, taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif dengan mengakomodir keragaman tersebut. 

Selain karakteristik sekolah seperti tertera di atas, SLB Negeri Bekasi Jaya melaksanakan kegitan ekstrakurikuler yang beragam dengan instruktur yang berkompeten di bidangnya, seperti Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib, melukis, menari, atletik, bulu tangkis, pencak silat (taekwondo), tenis meja,dan IT.

SLB Negeri Bekasi Jaya juga sudah bekerjasama dengan dunia usaha dalam menyalurkan tenaga kerja yaitu dengan PT.OMRON, PT. Nurvan Kreatif dan Balai Besar Vokasi Kementrian Tenaga Kerja Indonesia yang terletak di kota Bekasi. Hal ini  menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SLBN Bekasi Jaya.


VISI DAN MISI 

1. VISI
Visi yang dimiliki SLB Negeri Bekasi Jaya diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Adapun visi SLB Negeri Bekasi Jaya adalah sebagai berikut :
“Dengan iman dan taqwa SLBN Bekasi Jaya siap meningkatkan pengetahuan, kemandirian dan keterampilan peserta didik  yang berkarakter dalam menghadapi tantangan di tingkat  yang lebih tinggi dan di masyarakat melalui merdeka belajar tahun 2028”
2. MISI
Dalam upaya mengimplementasikan visinya SLBN Bekasi Jaya  menetapkan misi sebagai berikut:
1. Meningkatkan pengetahuan dan kemandirian untuk melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi

 

2. Meningkatkan kemandirian dan melatih peserta didik untuk memiliki satu keterampilan / vokasional

3. Meningkatan keterampilan menuju kemandirian dalam menghadapi dunia kerja

4. Membentuk kepribadian peserta didik sesuai pendidikan karakter (relegius, mandiri,integritas, nasionalis, gotong royong)

5. Mendidik peserta didik untuk memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga menjadi lulusan yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual,beriman dan berakhlak mulia melalui proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan sesuai dengan kemampuan dan karakteristik kebutuhan khususnya

6. Meningkatkan peran serta warga sekolah dalam perilaku jujur, hidup bersih dan sehat,rukun dan peduli lingkungan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar