Tujuan Program:
1. Meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa tunarungu.
2. Memfasilitasi prakarsa perubahan positif di sekolah dan komunitas.
3. Membangun kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi siswa.
Tahapan Program:
1. Pengenalan Kepemimpinan (Minggu 1-2)
v Workshop : Memperkenalkan konsep kepemimpinan dan karakteristik pemimpin yang baik.
v Aktivitas : Diskusi kelompok tentang contoh pemimpin yang menginspirasi.
v Media : Video dan gambar untuk menjelaskan materi dengan jelas.
2. Identifikasi Masalah (Minggu 3)
v Diskusi Kelas : Mengajak siswa untuk mengidentifikasi masalah yang
mereka hadapi di sekolah atau komunitas.
v Penggunaan Alat Visual : Menggunakan poster atau papan tulis untuk
menuliskan masalah-masalah yang diidentifikasi.
3. Pengembangan Ide (Minggu 4-5)
v Sesi Brainstorming : Membantu siswa untuk mengembangkan ide-ide solusi
untuk masalah yang telah diidentifikasi.
v Pemilihan Ide : Siswa memilih satu ide yang paling relevan dan
berpotensi untuk diterapkan.
4. Perencanaan Aksi (Minggu 6)
v Membuat Rencana : Siswa membuat rencana aksi yang mencakup
langkah-langkah konkret untuk menerapkan solusi.
v Pembagian Tugas : Mengatur peran masing-masing anggota kelompok
dalam melaksanakan rencana.
5. Implementasi (Minggu 7-8)
v Pelaksanaan Rencana: Siswa melaksanakan rencana yang telah dibuat, seperti proyek kebersihan lingkungan, kampanye kesadaran, atau kegiatan sosial.
v Dokumentasi: Mengambil foto dan video untuk mendokumentasikan kegiatan.
6. Evaluasi dan Refleksi (Minggu 9)
v Sesi Diskusi: Diskusikan apa yang berhasil dan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan.
v Refleksi Individu: Siswa menulis jurnal tentang pengalaman mereka dan keterampilan yang mereka kembangkan.
7. Presentasi Hasil (Minggu 10)
v Pameran: Mengadakan pameran untuk mempresentasikan hasil proyek kepada teman-teman, guru, dan orang tua.
v Penghargaan: Memberikan penghargaan kepada siswa yang berkontribusi aktif dalam proyek.
Metode Pengajaran:
v Interaktif: Menggunakan metode pengajaran yang melibatkan siswa, seperti diskusi kelompok, permainan peran, dan simulasi.
v Visual: Menggunakan alat bantu visual, seperti gambar dan video, untuk menjelaskan konsep-konsep dengan lebih baik.
Sumber Daya yang Dibutuhkan:
- Ruang kelas atau tempat yang memadai untuk kegiatan.
- Alat bantu visual (poster, video).
- Alat tulis dan bahanpresentasi
- Waktu untuk sesi pelatihan dan implementasi.
Evaluasi Program:
- Mengumpulkan umpan balik dari siswa tentang pengalaman mereka.
- Menilai peningkatan keterampilan kepemimpinan dan kolaborasi siswa melalui observasi selama kegiatan.
Berikut contoh kegiatan programnya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar